Senin, 04 Mei 2015

praktikum jaringan yang terdapat pada bawang merah



Pengamatan jaringan tumbuhan
A.      DASAR TEORI
Jaringan tumbuhan adalah sekumpulan sel-sel tumbuhan yang mempunyai bentuk, asal, fungsi dan struktur yang sama. ilmu yang mempelajari tentang struktur jaringan disebut histologi. untuk melakukan proses – proses hidup pada tumbuhan terdapat bermacam-macam sel yang masing-masing memiliki fungsi tertentu. jika kita memeriksa tumbuhan berpembuluh yang matang. dapat dibedakan atas beberapa tipe nyata yang kesemuanya dikelompokan dalam jaringan.
B.      JUDUL PRAKTIKUM
Judul dalam praktikum ini yaitu “mengenal jaringan tumbbuhan”
C.      TUJUAN PRAKTIKUM
Untuk mengetahui berbagai bentuk jaringan pada tumbuhan
D.      ALAT DAN BAHAN
o      mikroskop
o      gelas benda (objek glass)
o      gelas penutup (klover glass)
o      silet
o      pipet tetes
o      pingset
o      air
o      larutan iodine
o      kertas tisu
o      zat warna
o      daun mangga (Mangifera indica)
o      tempurung kelapa (Cocus nucifera)
o      batang tanaman pala (Myristica fragrans)
o      bawang merah (Allium cepa)
o      daun ave (Rhoe discolor)
E.       CARA KERJA
1.       sayatlah daun mangga secara melintang dengan menggunakan silet
2.       letakan pada gelas benda
3.       tetesilah sedikit air dengan pipet tetes
4.       tutup dengan gelas penutup
5.       amatilah dibawah mikroskop
6.       ulangi untuk daun ave dan batang tanaman pala
7.       sayatlah bagian permukaan daun ave dengan silet, ambilah bagian tipis sayatan tadi dan letakan pada gelas benda. tetesi sedikit air dengan pipet, tutuplah dengan gelas penutup! kemudian amati dibawah mikroskop
8.       sayatlah bawang dengan menggunakan silet. ambilah bagian tipis yang transparan dari permukaan luar bawang dengan menggunakan pingset.
9.       berilah satu tetes air, letakan potongan bawang tadi pada tetesan air, kemudian tutuplah dengan gelas penutup.
10.   ambiloah gelas benda dari mikroskop tadi, kemudian berilah satu tetes yodium pada salah satu sisi gelas benda. tutup dengan gelas penutup, cairan yang merembes pada gelas benda dihisap dengan tisu. amatilah preparat dibawah mikroskop dengan perbesaran kecil dan besar.
11.   kikis permukaan luar tempurung kelapa, ambil sedikit hasil kikisan tadi dan letakan pada gelas objek yang telah ditetesi air. tutup dengan gelas penutup, amati dibawah mikroskop.
12.   gambarlah hasil pengamatan anda pad kertas kerja

F.       WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
KAMIS, 01-11-2012. TEMPAT DILABORATORIUM IPA MAN 2 AMBON

G.     HASIL PENGAMATAN
NO
PENGAMATAN
TEMPURUNG KELAPA
BATANG PALA
BAWANG MERAH
DAUN AVE
1
BENTUK JARINGAN


2
NAMA JARINGAN
sklerenkim
Epidermi, kolenkim, dan gabus
epiderms
Epidermis


H.      PEMBAHASAN
I.        KESIMPULAN

1 komentar:

  1. Salam kenal dari saya mbak Romlah sengajah mempublikasikan cerita ini disini, saya bukan sombong tapi saya semata" hanya ingin berbagi kepada anda yang lagi butuh pertolongan.. Saya duluh kerja di malaysia sebagai PRT selama 7 tahun gaji waktu itu kurang lebih 3,5 juta per bulannya namun itu tidak pernah cukup untuk kebutuhan keluarga saya karna setiap bulannya harus membayar hutang piutang orang tua di BANK, singkat cerita.. Sekarang hutang orang tua saya sudah lunas senilai 335 juta dan sekarang saya sudah punya usaha tokoh perlengkapan bayi berkat bantuan MBAH BALAPATI melalui pesugihan putih dana gaib senilai 1 miliar.. Duluhnya saya takut untuk mengikuti pesugihan ini karna saya pikir ada tumbal ternyata tidak ada sama sekali dan jarak jauh pun bisa.. Singkat cerita duluhnya saya cuma melihat komentar seseorang di internet tentang MBAH BALAPATI alhamdulillah ternyata bener" terbukti dan saya salah satu orang yg sudah membuktikannya sendiri.. Siapa tau ada teman yg lagi ada masalah baik keuangan ataupun hal" lainnya silahkan coba konsultasi dengan beliau call/sms di nomer:+6282190534451 anda baik beliau pasti ramah melayani anda.. Muda"han dengan adaNya pesan singkat saya ini bisa bermanfaat.



    Salam bagi teman nak rantau.
    Spirit at work :-)



    BalasHapus