Senin, 04 Mei 2015

KATABOLISME



NAMA : LA ZEKY
KELAS : XI IA-3
TUGAS : BIOLOGI
KATABOLISME
Ada empat langkah dalam proses katabolisme, yaitu: glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, daur Krebs, dan rantai transpor elektron.
1.    Glikolisis
Glikolisis berlangsung di sitosol, merupakan proses pemecahan molekul glukosa yang memiliki 6 atom C menjadi dua molekul asam piruvat yang memiliki 3 atom C. Reaksi yang berlangsung di sitosol ini menghasilkan 2 NADH dan 2 ATP.
2.    Dekarboksilasi Oksidatif
Dekarboksilasi oksidatif berlangsung di matriks mitokondria, sebenarnya merupakan langkah awal untuk memulai langkah ketiga, yaitu daur Krebs. Pada  langkah ini 2 molekul asam piruvat yang terbentuk pada glikolisis masing-masing diubah menjadi Asetil-KoA (asetil koenzim A) dan menghasilkan 2 NADH.
3.    Daur Krebs
Daur Krebs yang berlangsung di matriks mitokondria disebut juga daur asam sitrat atau daur asam trikarboksilat dan berlangsung pada matriks mitokondria. Pada akhir siklus dihasilkan 6 NADH, 2 FADH, dan 2 ATP.
4.    Rantai Transpor Elektron
Rantai transpor elektron berlangsung pada krista mitokondria. Prinsip dari reaksi ini adalah: setiap pemindahan ion H (elektron) yang dilepas dari dua langkah pertama tadi antar akseptor dihasilkan energi yang digunakan untuk pembentukan ATP.
TABEL JUMLAH MASING-MASING ATP, NADH DAN FADH PADA SIKLUS KATABOLISME
Proses
ATP
NADH
FADH
Glikolisis
2
2
_
Dekarboksilasi oksidatif
_
2

_
Daur krebs
2
6
2
Rantai transpor elektron
34
_
_
TOTAL
38
10
2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar