Senin, 04 Mei 2015

49 ISTILAH-ISTILAH DALAM INTERNET



Istilah-istilah Dalam Internet :

1.       ADN, Advanced Digital Network. Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.
2.       Account, Istilah ini digunakan ketika Anda mendaftar ke sebuah penyedia layanan di internet, istilah ini dalam bahasa Indonesianya disebut akun yag biasa dipakai sebagai pengganti untuk ID atau identitas seseorang dalam layanan internet. Contohnya, akun email pada gmail, yahoomail, hotmail dan sebagainya.
3.       Banner, adalah media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage.
4.       Blog, merupakan salah satu layanan pada situs web yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya di-update secara rutin setiap hari oleh pemiliknya. Blog biasanya digunakan secara cuma-Cuma, tetapi ada juga yang berbayar. Melalui blog, kita bisa memposting tulisan-tulisan dengan berbagai topik yang menarik untuk menjadi konsumsi publik. [MG]
5.       Bps, Bit Per Seconds, Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.
6.       Broadband, Saluran transmisi data dengan kecepatan tinggi serta kapasitas bandwidth yang lebih besar daripada saluran telepon konvensional.
7.       Browser, Sebutan untuk perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web seperti: Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera dan masih banyak lagi.
8.       Byte, Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.p
9.       Captcha,  Istilah ini banyak muncul ketika Anda akan men-download suatu file dari sebuah penyedia layanan. Hal ini merupakan sebuah pemeriksaan keamanan untuk menghindari spam otomatis.
10.   CGI/perl, Common Gateway Interface, bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX/LINUX.
11.   Chat, adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu).
12.   Dial-Up Networking, adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan telpon.
13.   Domain name, adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.
14.   Download, adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user.
15.   Downstream, Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.
16.   E-Commerce, Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce.
17.   GPRS, General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.
18.   Hacker, adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.
19.   Host, Sebuah komputer dalam sebuah network yang menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang tersambung dalam network yang sama.
20.   Internet Explorer, program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp.
21.   Internet-TV, adalah sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media / alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet.
22.   Install, merupakan kegiatan instalasi atau memasang suatu program di komputer Anda.
23.   Login, otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
24.   Logoff, tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
25.   Lycos, adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari. http://www.lycos.com
26.   Network, Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar.
27.   Netscape Navigator , program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Netscape Corp.
28.   Online,  Istilah yang digunakan ketika seseorang telah melakukan aktivitas yang membuatnya terkoneksi dengan internet atau jaringan komputer lainnya.
29.   Password, kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
30.   Plugin, adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.
31.   Router, Sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan.
32.   Script, adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.
33.   Search Engine, adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal : Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya.
34.   Server, adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.
35.   Share /sharing,  merupakan aktivitas berbagi, biasanya pengguna melakukannya ke jejaring sosial.
36.   SMTP, Simple Mail Transfer Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan email, digunakan protokol POP.
37.   Spam, merupakan satu istilah dalam dunia internet yang menjelaskan segala macam pesan atau berita yang dianggap berbahaya, seperti contohnya pada email. Biasanya yang masuk ke spam merupakan pesan yang tidak penting, email berantai atau iklan yang tidak diminta dan pesan lain yang dianggap berbahaya bagi kelangsungan akun Anda.
38.   User, pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
39.   Virus, adalah program tersembunyi yang dapat ‘menebeng’ atau ‘membonceng’ pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.
40.   VisualBasic ,  bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.
41.   Voice-mail, sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.
42.   VPN, Virtual Private Network. Istilah ini merujuk pada sebuah network yang sebagian diantaranya terhubung dengan jaringan internet, namun lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami proses enkripsi (pengacakan). Hal ini membuat network ini secara virtual "tertutup" (private).
43.   WAP, Wireless Application Protocol, adalah fasilitas pada handphone yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima dan mengirim handphone, bahkan untuk kalender, jadwal, serta gambar.
44.   Web browser, program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.
45.   Webmaster, seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.
46.   Web page, adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.
47.   Website, adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.
48.   Wi-Fi, Wireless Fidelity. Standar industri untuk transmisi data secara nirkabel (wireless) yang dikembangkan menurut standar spesifikasi IEEE 802.11.
49.   www, world wide web adalah istilah yang digunakan dalam internet untuk awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar